Wednesday, January 26, 2011

Perbandingan Windows dengan Linux


Sekarang ini banyak orang bermigrasi dari Windows ke Linux, tapi sebagian orang  juga masih tetap setia pada Windows. Kebanyakan dari mereka yang memilih bermigrasi berasumsi terutama pada keamanan OS.
Di bawah ini merupakan perbandingan antara Windows Dengan Linux ;  
1.    KEMUDAHAN : kebanyakan orang beranggapan bahwa Windows lebih mudah dari Linux, tetapi hasil penelitian di Jerman menunjukkan bahwa selisih tingkat kemudahan sangat kecil, tinggal tergantung pada seberapa familiar kita terhadap Windows ataupun Linux.
2.    BIAYA KEPEMILIKAN (Total Cost Ownership). Sejumlah komponen yang harus dibayar untuk memiliki komputer berbasis Windows maupun Linux.
2.1     Lisensi software sistem operasi: sudah jelas Windows berbayar. Sebagian besar distro Linux dapat digunakan secara gratis tetapi juga ada beberapa distro yang berbayar: 60-80 USD
2.2     Software pendukung: antivirus, zip manager, windows commander … Sebagian besar sotware ini tersedia free di lingkungan Linux
2.3     Biaya operasional. Pada tahap awal, sekitar 2 tahun ke depan, sistem berbasis Linux memerlukan dukungan teknis yang lebih baik dibandingkan sistem berbasis windows. Hal ini dapat dikurangi dengan mengalihkan sebisa mungkin aplikasi desktop ke aplikasi berbasis web.
2.4     Penghargaan lebih baik kepada mereka yang bisa menggunakan Linux sudah diakui.
       Perkiraan oleh cybersource (cyber.com.au) atas biaya kepemilikan sebuah perusahaan model dengan 250 komputer karyawan dengan proyeksi 3 tahun ke depan, menunjukkan bahwa untuk sistem berbasis windows memerlukan biaya sebesar USD 1.018.010,5  dan untuk sistem Linux sebesar USD 766.616,95 atau penghematan sebesar 25%.
3.        STANDARD FILE FORMAT. Format file untuk aplikasi perkantoran kebanyakan menggunakan microsoft office. Meskipun banyak kelemahan pada format file ini, tetapi sangat banyak pengguna interent yang mempertukarkan file dengan format ini. OpenOffice dan Star Office sudah mendukung format file ini, tetapi mungkin akan ditemukan beberapa hal yang tidak kompatibel.
4.        NETWORK. Tren protokol jaringan adalah TCP/IP atau pengembangannya  dari awal dirancang dalam sistem berbasis UNIX seperti BSD dan Linux. Protocol jaringan lainnya, sangat jarang digunakan, mungkin tidak berkembang lagi. Beberapa layanan jaringan Windows yang banyak digunakan: file sharing (file server) dan print server, keduanya dapat berjalan di Linux dengan samba server.
5.        APPLICATION PORTABILITY. De fakto, aplikasi yang dibangun dalam basis UNIX dapat berjalan di BSD dan Linux (dan sebaliknya) tanpa perubahan yang signifikan. Aplikasi Windows tidak dapat berjalan begitu saja dalam lingkungan Linux dan sebaliknya. Ada beberapa emulator untuk itu, tetapi mungkin masih harus dikaji satu per satu.
Lalu bagaimana ciri khas dari ke dua OS tersebut...??
Kita sudah tahu sendiri bagaimana atau apa Windows itu sendiri (bagi pengguna Windows)  sehingga saya tidak perlu menjelaskan tentang Windows sehingga saya akan langsung membahas ke Linuxnya saja.
Ciri khas dari Linux;
1.        Linux  memiliki beberapa distro. Lalu apa distro itu? Distro dalam Linux ini bukan jualan produk fashion seperti anggapan kita, tetapi distro ini merupakan bisa dibilang sebagai vendor dari Linux. Linux sendiri adalah suatau kernel atau inti dari Sistem Operasi. Contoh distro Linux ; U buntu, Red Hat, Debian,Mandrake, Conectiva,Suse, dsb. Setiap distro punya software pelengkap sendiri- sendiri.
2.         Linux tidak dibangun dalam graphical user interface (GUI) seperti yang di pakai Windows, sehingga harus mengetikkan dengan menggunakan perintah – perintah dalam Command Linux. Sebagai dari GUI, Linux menyediakan progam tambahan yang bernama System X Windows.
3.        Linux tidak dapat berjalan di progam Windows, misal progam Microsoft Office, sehingga Linux harus mencari progam penggantinya seperti starOffice dll. Tapi sekarang beberapa tool yang yang dapat menjalankan aplikasi .exe seperti tool wine.
4.        Linux tidak Plug n Play seperti pada Windows
5.        Linux menggunakan sistem yang berbeda untuk mengakses disk drive dan file dibanding Windows
6.        Linux berjalan lebih baik pada perangkat keras lebih tua dari pada Winndows, Linux dapat berjalan pada spesifikasi minimal, RAM 32 MB dan 2GB hard Drive(ruang kosong). Linux juga dapat pada spesifikasi komputer 486 dengan RAM sedikitnya 4MB dengan hard Drive dan beberapa ratus MB ruang disk yang kosong.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ;
1.        Segi Keamanan ;  antara Windows dengan Linux skitar 1 banding 10 meskipun saat ini Windows telah mengamankan sistem dari progam yang bersifat parasit, misal Deep Freeze.
2.        Segi Kemudahan ;  antara Windows dengan Linux 10 banding 1. Windows tergolong OS yang paling mudah dan familiar bagi kalangan end User sehingga mereka enggan belajar lagi untuk menggunakan Linux.
3.        Kompatibilitas Hardware ; antara Windows dengan Linux 5 banding 1, hal ini terkait dengan banyaknya distro dan kurangnya pengguna yang memakai Linux. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa “buat apa bikin Driver buat Linux kalau yang menggunakan sangat sedikit”,
            Setelah kita mempelajari sedikit demi sedikit ciri – ciri dari kedua OS di atas diharapkan kita dapat memilih OS mana yang akan kita pakai. Mungkin ada yang beberapa yang berpendapat kalau kita pakai linux, bisakah kita “Hidup” tanpa Microsoft Office, tanpa ms. Outlook, tanpa foxpro, tanpa ms. Acces, tanpa Photoshop, tanpa adobe ilustrator, tanpa windows media player?
            Bisakah kita “hidup” dengan open office, dengan nautilus, dengan firefox, dengan thunderbird, dengan evolution, dengan gimp, dengan NFS ( Network File System ), dengan Samba, dengan SSH, dengan abiword, dengan gnumeric, dan dengan program linux lainnya?
Tetapi jangan lupa ada pernyataan satu lagi. Kemudahan itu tergantung dari si User, misal pengguna Mac menganggap Windows tidak simple terlalu exclusive alias bikin susah pengguna Mac, pengguna Windows kalau pake’ Mac pasti bicaranya: kok beda iconnya? Mana Explorernya? Kok menunya diatas? Kok gak ada Antivirusnya? Nah kalau pengguna linux beda banget, selalu mengenggap perbedaan adalah “hal yang wajar”, karena memang mereka tahu sistem operasi itu nggak semuanya sama tapi beraneka ragam tetapi juga tetap memiliki  tujuan yang sama 
Nama : Wahyu  Septian A.
NIM : 1010651033      TI_A
Sumber =www.corobalap.blogspot.com, www.google.com, www.pclinux3d.com/linux/perbedaan-windows-dan-linu.html

No comments:

Post a Comment